Android 5.0 atau Lollipop Tandingi iOS 8

di beberapa sektor, iOS 8 tampaknya harus mengakui kelebihan dari Android 5.0 Lollipop. Pasalnya, OS ini tidak hanya menampilkan desain yang lebih fresh, tetapi juga memperhatikan aspek penting dalam penggunaan handset.
Berikut ini adalah fitur unggulan Android 5.0 Lollipon yang tidak ditemui di iOS 8:

1. Guest Mode

Guest Mode

Guest Mode
Meskipun smartphone dan tablet adalah perangkat yang personal, tapi di satu sisi ada kalanya perangkat tersebut dipinjam orang lain. Beruntung jika orang yang meminjam itu hanya melihat tampilan user interface saja, tapi apa jadinya jika orang tersebut kepo dan yang dibuka adalah file atau aplikasi personal? Terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil di rumah.
Nah, dalam hal ini Google lebih memahami privasi penggunanya dengan menghadirkan fitur Guest Mode di Android 5.0 Lollipop. Fitur ini sebelumnya juga dipopulerkan LG lewat varian LG G2, di mana orang lain selain pemilik hanya bisa mengakses halaman khusus yang cuma bisa menampilkan aplikasi-aplikasi tertentu sesuai dengan pilihan pemiliknya.

2. Battery Saver

Battery Saver

Battery Saver
Harus disadari bahwa daya tahan baterai menjadi isu terpenting dalam penggunaan smartphone. Hal ini rupanya dimengerti Google dengan menghadirkan fitur Battery Saver yang diklaim mampu menambah daya tahan baterai mencapai 90 menit, dengan cara menonaktifkan koneksi internet, mematikan modus getar, dan ‘menidurkan’ aplikasi yang aktif.

3. Smart Lock

Smart Lock

Smart Lock
Google tampaknya benar-benar ingin memastikan bahwa pengguna handset berbasis OS Android 5.0 Lollipop memiliki keamanan tinggi. Tak heran, berbagai modul keamanan dihadirkan, mulai dari menggambar pola hingga Face Unlock alias mendeteksi wajah untuk mengakses perangkat. Sementara iOS hanya diperkuat dengan keamanan sapuan tangan ke layar, pin, dan sidik jari via TouchID untuk mengaksesnya.

4. USB Support

USB Support

USB Support
OS Android terbilang sebagai platform yang ramah untuk bertukar atau transfer data. Hanya dengan kabel USB saja, pengguna bisa mengambil atau menyimpan file dari atau ke perangkat komputer berbasis Windows. Sedangkan pada iOS, transfer seperti ini hanya bisa dilakukan via iTunes yang memang lebih aman tapi merepotkan.

5. Application Management

Application Management

Application Management
Pada perangkat berbasis iOS, semua aplikasi yang sudah diinstal bisa dibuka dan dihapus. Namun, Android memiliki kemampuan lebih dengan bisa menghapus aplikasi tersebut secara total jika dalam penggunaan dianggap sering crash. Bahkan, jika update terbaru sebuah aplikasi dianggap bermasalah, pengguna bisa melakukan downgrade ke versi lama dengan mudah.

6. NFC (Near Field Communication)

NFC

NFC
Meskipun terbilang belum menjadi fitur yang penting, NFC (Near Field Communication) sudah lebih dulu diadopsi Android, begitupun pula Windows Phone dan BlackBerry. Alih-alih menghadirkan fitur NFC, Apple malah menghadirkan Apple Pay sebagai fitur e-money yang fungsinya senada dengan NFC. Sayangnya, fitur tersebut bukanlah sesuatu yang dianggap penting untuk saat ini.

7. Apps Installation

Apps Installation

Apps Installation
Di platform Android, pengguna bisa menginstal aplikasi apapun dari sumber mana pun termasuk website, sekalipun itu berbahaya. Sedangkan iOS hanya menginginkan aplikasi bisa diunduh melalui App Store. Jika ingin mengunduh dari sumber lain, pengguna iDevice harus lebih dulu melakukan jailbreak. Merepotkan.

8. Advanced Photography

Advanced Photography

Advanced Photography
Pada Android 5.0 Lollipop, Google memungkinkan pengguna menangkap gambar dengan format raw seperti YUK dan Bayer RAW, mengatur sensor, lensa, dan flash untuk tiap frame. Bahkan, OS ini juga mampu menangkap dan memutar video berkualitas 4K. Sedangkan pada iOS, pengguna hanya disodori kontrol manual dan terbatas.
no image
Item Reviewed: Android 5.0 atau Lollipop Tandingi iOS 8 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!